Oleh: kentzkentry | 15 Februari 2010

Creative Thinking

CREATIVE THINKING

Pengertian Kreatif Kata “Kreatif” merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris To Create, yang merupakan singkatan dari :

  • Combine (menggabungkan) – penggabungan suatu hal dengan hal lain
  • Reverse (membalik) – Membalikan beberapa bagian atau proses
  • Eliminate (menghilangkan) – menghilangkan beberapa bagian
  • Alternatif (kemungkinan) – Menggunakan cara, bahan dll dengan yang lain.
  • Twist (memutar) – memutarkan sesuatu dengan ikatan
  • Elaborate (memerinci) – memerinci atau menambah sesuatu.

PEMIKIRAN KREATIF

Berpikir kreatif berarti :
– Melepaskan diri dari pola umum yang sudah tertanam dalam ingatan.
– Mampu mencermati sesuatu yang luput dari    pengamatan orang lain.
– Ratusan orang dapat berbicara diantara satu orang yang dapat berpikir, tetapi ribuan orang dapat berpikir di antara   satu orang yang dapat melihat.
Seorang pemikir kreatif harus mampu untuk :
1. Mengemukakan gagasan yang tidak umum
2. Berani mengambil resiko berbeda
3. Peka akan alam dan manusia
4. Mudah tertarik untuk bermain – main dengan gagasan aneh (asumsi).
5. Menggabungkan ide – ide atau unsur – unsur yang sudah ada.

Menurut John Adair kreativitas adalah daya pikir dan semangat yang memungkinkan kita untuk mengadakan sesuatu yang memiliki kegunaan, tatanan, keindahan, atau arti penting dari sesuatu yang kelihatannya tidak ada.

Sedangkan menurut Conny R.Semiawan kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan – gagasan baru dan menerapkanya dalam pemecahan masalah.
Kreativitas meliputi 2 ; Aptitude (kecakapan) dan Non aptitude (bukan kecakapan)
Ciri-ciri aptitude meliputi :
1. Fluency
2. Flexibility
3. Originality
Ciri-ciri non aptitude meliputi :
1. Rasa ingin tahu
2. Senang mengajukan pertanyaan
3. Selalu ingin mencari pengalaman – pengalaman baru

Definisi Kreativitas secara keseluruhan “ Kemampuan seseorang untuk Melahirkan sesuatu yang baru baik gagasan maupun karya nyata yang berbentuk aptitude maupun non aptitude baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan halhal yang sudah ada yang semuanya berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya ” Menurut Rhode Kreatifitas dapat didefinisikan dalam 4 jenis dimensi : 1. Person 2. Process 3. Press 4. Product

Menurut David Ogilvy pakar periklanan pendiri salah satu biro iklan terkemuka dunia : “Iklan bukanlah hiburan atau seni melainkan sebuah medium informasi” Ia menginginkan karya-karyanya lebih dinilai mampu menjual daripada sekedar bernilai kreatif belaka.

Di dalam dunia periklanan kata kreatif banyak di pakai bersama beberapa kata Lain untuk merujuk pada istilah dan pengertian yang berbeda. Antara lain: 1. Orang kreatif 2. Pemikiran kreatif 3. Strategi kreatif 4. Pengerjaan kreatif

Terlepas pentingnya kemampuan seseorang untuk berpikir kreatif, tidak banyak orang yang mempunyai ketrampilan ini. Menurut Skipp Ross :
– 2 % pria / wanita berusia empat puluhan sangat kreatif
– 2% pria / wanita berusia tiga puluh limaan sangat kreatif
– 2% pria / wanita berusia tiga puluhan sangat kreatif
– 10% pria / wanita berusia tujuh tahun sangat kreatif
– 90% pria / wanita berusia lima tahun sangat kreatif
kembali ke halaman sebelumnya….


Responses

  1. nice posting
    salam kenal

  2. hmmm..
    kalau untuk konsep utama creative thinking apa??

    thanks

    • klo gw sih pilih berpikir out of the box aja…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: